Variasi Harga Kunci Pintu dan Engsel Pintu

Mengapa harga kunci pintu (Handle maupun Body/Lockcase) bisa bervariasi ? Meskipun model/bentuk sama tetapi harga berbeda?

Seperti slogan pada produk SOLID : Some products look similar, but not the same

Weight of material (solid / hollow)
Berat dari handle pintu, beberapa handle yang lebih berat dikarenakan isinya penuh dalam arti dicetak solid atau padat, dan ini tentunya lebih memakan bahan produksi yang lebih banyak daripada handle yang hanya dicetak berupa pipa, dalamnya kosong. Handle Pintu yang padat/solid lebih mantap waktu di genggam dan terlihat lebih mewah.

Composition of material
Handle Pintu terdiri dari Plat (Berupa Lempengan dengan Fungsi untuk menempel di daun pintu menggunakan sekrup atau baut) dan Gagangnya (Dengan fungsi untuk membuka pintu)
Plat dan Gagang tersebut bisa terdiri dari bahan yang berbeda :
Plat (Besi) dan Gagang (Besi)
Plat (Besi) dan Gagang (Zinc Alloy)
Plat (Zinc Alloy) dan Gagang (Zinc Alloy)
Plat (Stainless Steel) dan Gagang (Zinc Alloy)
Plat (Stainless Steel) dam Gagang (Stainless Steel)
Kombinasi bahan-bahan tersebut menentukan rendah-tingginya biaya produksi.
Bahan-bahan tersebut diatas mempunyai keunggulan masing-masing baik dari segi harga maupun ketahanan yang lebih kuat terhadap karat.

Originality of design
Design asli dari suatu produk tentu membutuhkan biaya jasa dari Designer-nya dan pembuatan "Cetakan" baru, dibandingkan dengan design kunci pintu yang modelnya sudah umum tersebar di pasaran, di mana saat ini kita bisa menemukan 3 atau lebih merk kunci pintu yang berbeda tetapi dari segi bahan dan model/bentuk sama.
Semua pilihan tergantung dari segi eksklusif maupun kepuasan Konsumen.

Finishing Quality
Finishing dari suatu produk bervariasi, antara lain : Polished brass, Gold Plated, Satin Brass, Satin Gold, Polished Chrome, Chrome, Polished Stainless Steel, Satin Chrome, Satin Nickel, Satin Stainless Steel, dan Antique Brass.
Warna yang rata, rapi ataupun lebih terlihat kilapnya juga menentukan Ke-Mewah-an Handle Pintu.

Bagaimana cara mengetahui bahan dari suatu produk tersebut adalah Berbahan Stainless Steel atau Berbahan Besi tetapi dengan Finishing Satin/Polished Stainless Steel?
Selain dengan pengujian di Lab, cara termudah adalah menggunakan magnit, bila menempel "erat" adalah Berbahan Besi meskipun dari tampak luarnya adalah Stainless karena telah di Finishing dengan warna Satin/Polished Stainless Steel. Selain Stainless, bahan yang tidak menempel pada magnit adalah Zinc Alloy dan Brass.

Mechanical Quality
Mekanisme pada Engsel terletak pada penggunaan Ball Bearing. Engsel tanpa Ball Bearing biasa digunakan pada jendela Alumunium yang lebih ringan. Sedangkan untuk Jendela atau Pintu berbahan Kayu lebih disarankan menggunakan Engsel dengan Ball Bearing agar Pintu/Jendela bisa menutup/membuka dengan lembut. Jumlah Ball Bearing pada Engsel berbeda-beda. Pada Engsel Uk. 3" dan 4" ada 2 Ball Bearing dan untuk Engsel Uk. 5" ada 4 Ball Bearing.
Harga Engsel dengan Ball Bearing tentunya lebih tinggi daripada Engsel tanpa ball bearing.
Mekanisme yang baik pada Lockcase maupun Cylinder adalah pada waktu memutar Anak Kunci terasa Lembut, tidak kasar.

Demikian sekilas info dari Kami (Toko SuryaTama Balikpapan). Semoga berguna sebagai panduan berbelanja.


Toko SuryaTama Balikpapan

Telp. : (0542) 737488
Fax. : (0542) 737489
Alamat : Jl. A. Yani. No.126
GUNUNG SARI ILIR
BALIKPAPAN
KAL-TIM, INDONESIA
E-Mail : tokosuryatama@gmail.com

blogger templates | Make Money Online